Nanas Bisa Bantu Siklus Tidur Lebih Nyenyak, Ulasan Ini Patut Anda Baca!

siaranrakyat – Kesulitan tidur atau insomnia merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami oleh orang, terutama dengan berbagai distraksi digital dan rutinitas yang padat. Untuk itu, seorang pecinta kuliner online mengusulkan nanas sebagai solusi untuk mengatasinya.

Dilansir dari NY Post pada Selasa, 3 Oktober 2023, nanas bukanlah sekedar camilan manis yang menyegarkan. Bagi sebagian orang, buah ini telah menjadi rahasia untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Sebagai bukti dari klaim ini, sebuah tren di media sosial TikTok dengan tagar #PineappleHacks mendapat respons yang luar biasa. Para penikmat makanan ringan berlomba-lomba membagikan pengalaman mereka setelah mengonsumsi nanas sebelum tidur, dengan banyak di antara mereka yang merasa mendapatkan “tidur terbaik yang pernah ada”.

Dave Gibson, seorang pelatih tidur sekaligus hipnoterapis, mengonfirmasi pernyataan tersebut dengan menjelaskan bahwa nanas mengandung melatonin alami, hormon yang berperan penting dalam siklus tidur manusia. Melatonin bekerja dengan mengatur ritme sirkadian, atau jam internal tubuh kita, dan mengoptimalkan siklus tidur dan bangun.

Meski demikian, jika Anda bukan penggemar nanas, ada banyak makanan lain yang juga mengandung melatonin. Berdasarkan temuan penelitian, telur, ikan, kacang-kacangan, dan sejumlah buah-buahan serta sayuran lainnya juga kaya akan hormon tersebut. Bahkan, sebuah analisis dari Bed Kingdom, pengecer furnitur terkemuka di Inggris, menyebut kiwi sebagai salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Tidak Semua Makanan Berpengaruh Baik pada Kualitas Tidur

Penting untuk diingat bahwa tidak semua makanan berkontribusi positif terhadap kualitas tidur. Sebuah laporan dari Benenden Health pada September 2023 menyarankan agar berhati-hati dengan konsumsi makanan yang “nikmat” tetapi kurang sehat seperti cokelat, es krim, keripik, keju, dan makanan pedas, karena makanan-makanan tersebut dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Gibson mengakui bahwa nanas bermanfaat. Saat seseorang mengonsumsi nanas, melatonin yang ada di dalamnya diserap oleh aliran darah dan menuju ke otak, dengan berperan dalam mengatur siklus tidur-bangun seseorang. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mungkin memiliki tingkat melatonin alami yang lebih rendah, karena makan nanas bisa menjadi cara alami untuk meningkatkannya.

Baca Juga :
Malam Ini, Light Up Ceremony Menjadi Tanda Semarak Sambut Christmas Season

Sementara itu, orang-orang yang terjaga di malam hari mencari-cari cara untuk mendapatkan tidur yang lebih baik di internet. Emma Leigh, seorang ahli gizi yang aktif di TikTok, adalah salah satu dari banyak profesional yang menekankan manfaat nanas. Klaimnya bahwa nanas dapat meningkatkan melatonin dalam tubuh sebesar 240 persen telah menarik perhatian puluhan ribu pengikutnya.

Ceri Montmorency Juga Punya Kandungan Melatonin Tinggi

Valerie Ribon, seorang pelatih kesehatan yang berbasis di New York City, juga membagikan pengalaman pribadinya dengan mengonsumsi nanas sebelum tidur. Untuknya, itu menjadi pengalaman tidurnya yang terbaik. Bahkan, dia punya trik sendiri, yakni mengonsumsi nanas yang sudah dibekukan atau dicampur dengan teh sebagai minuman penenang setelah makan malam.

Meskipun Gibson mengakui manfaat nanas, dia juga menegaskan bahwa ada alternatif lain yang mungkin lebih efektif dalam meningkatkan kualitas tidur. Adalah Montmorency, salah satu jenis dari buah ceri asam, dikenal luas karena manfaat kesehatannya yang beragam, tetapi yang paling menonjol adalah kandungan melatoninnya yang juga tinggi seperti nanas.

Selina, salah satu influencer kesehatan yang memiliki basis pengikut besar dari Inggris, tidak hanya menyarankan jus ceri Montmorency, tapi juga kombinasinya dengan magnesium glisinat. Magnesium glisinat dikenal berperan dalam mendukung kualitas tidur. Dalam video berjudul “Masalah Tidur?”, Selina berbagi pengalamannya tentang betapa cepatnya dia dapat tertidur setelah mengonsumsi kombinasi tersebut.

Lebih lanjut, Selina juga menyebutkan beberapa keuntungan lain yang dia rasakan. Dari masalah bangun tengah malam untuk buang air kecil yang mengganggu hingga mimpi buruk yang menghantui tidurnya, semuanya teratasi. “Dan Anda bangun dengan perasaan cukup istirahat dan bersemangat untuk hari itu,” tulisnya.

Baca Juga :
Daftar Negara dengan Toleransi Tertinggi di Dunia

Redakan Stres dengan Buah-Buahan

Selain nanas dan ceri, ada beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres, sekaligus membantu tidur agar lebih nyenyak. Penasaran apa saja? Berikut 5 buah yang dapat dikonsumsi seperti yang dirangkum oleh kanal Health Liputan6.com pada 26 September 2023:

1. Kakao

Kakao mengandung jenis senyawa antioksidan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin di otak. Nah, serotonin ini bermanfaat dalam meningkatkan perasaan bahagia dan relaksasi.

2. Pisang

Di samping mengandung vitamin, mineral dan serat, pisang juga mengandung triptofan, yang dapat membantu menghadirkan rasa bahagia dan membuat tidur lebih nyenyak.

3. Almond

Almond diketahui mengandung magnesium, vitamin B, vitamin E dan zat besi. Beragam kandungan tersebut dapat berkontribusi dalam menghadirkan rasa relaks, sekaligus membantu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

4. Jeruk

Vitamin C pada jeruk berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu pun dapat berdampak baik kesehatan fisik dan mental, sehingga bisa membuat tidur juga ikut berkualitas.

5. Alpukat

Buah satu ini mengandung vitamin B dan kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu meredakan stres dan memperbaiki suasana hati. (liputan6/wol/pel/d2)