Ini 5 Kesalahan Fatal dalam Menulis Email Lamaran Kerja

siaranrakyat – Email lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang perlu diperhatikan oleh pencari kerja. Email lamaran kerja adalah cara pertama bagi perekrut untuk mengenal Kamu, oleh karena itu penting untuk menulis email lamaran kerja yang profesional dan menarik.

Namun, tidak semua orang tahu cara menulis email lamaran kerja yang baik. Beberapa orang bahkan melakukan kesalahan fatal yang dapat membuat email lamaran kerja mereka langsung ditolak atau diabaikan oleh perekrut.

Berikut adalah 5 kesalahan fatal dalam menulis email lamaran kerja:

1. Salah alamat email

Salah alamat email adalah kesalahan fatal yang paling sering dilakukan oleh pencari kerja. Periksa kembali alamat email yang Kamu masukkan sebelum mengirimkan email lamaran kerja. Pastikan alamat email yang Kamu masukkan adalah alamat email yang benar dan aktif, sesuai dengan informasi yang tertera di lowongan kerja.

2. Subjek email tidak jelas

Subjek email adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat oleh perekrut. Oleh karena itu, penting untuk menulis subjek email dengan jelas dan singkat. Subjek email harus berisi informasi tentang posisi yang Kamu lamar. Misalnya, “Lamaran Kerja: [Posisi yang Dilamar]”.

3. Body email tidak menarik

Body email adalah bagian terpenting dari email lamaran kerja. Body email harus menarik perhatian perekrut dan membuat mereka ingin mengetahui profil kamu lebih lanjut.

Perkenalkan diri dengan singkat dan jelas, kemudian sampaikan kualifikasi, pengalaman kerja, dan capaian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Contoh: Saya adalah seorang frontend programmer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun, dan telah membuat berbagai aplikasi yang sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna dari seluruh Indonesia.

Baca Juga :
Deretan Barang yang Wajib Ada di Sebuah Kamar Tidur

4. CV tidak disertakan

CV adalah dokumen terpenting dalam email lamaran kerja. CV berisi informasi tentang kualifikasi dan pengalaman kerja Kamu. Oleh karena itu, penting untuk menyertakan CV Kamu dalam email lamaran kerja.

5. Penutup Email yang Tidak Profesional

Bagian penutup email lamaran kerja juga penting dan harus ditulis dengan baik. Sebaiknya gunakan kata-kata profesional dan sopan seperti “Terima Kasih” dan “Hormat Saya” di bagian penutup email lamaran kerja Kamu. Pastikan untuk selalu mendaftarkan nama lengkap dan kontak Kamu di bagian penutup email. Tujuannya adalah untuk memudahkan perekrut jika mereka ingin menghubungi Kamu untuk proses selanjutnya.

Pastikan untuk selalu menulis dengan penulisan yang baik dan benar. Hindari kesalahan pengetikan dan gunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika perlu, gunakan tools atau aplikasi grammar checker untuk membantu Kamu memeriksa grammar dan penulisan email lamaran kerja Kamu.

6. Kirim Lamaran Terlalu Sedikit

Salah satu kesalahan fatal lain yang seringkali dilakukan para pencari kerja adalah hanya mengirimkan sedikit lamaran kerja. Beberapa orang berpikir bahwa cukup dengan melamar pekerjaan di satu atau dua perusahaan saja. Realitasnya, semakin banyak perusahaan yang Kamu lamar, semakin besar peluang Kamu untuk mendapatkan panggilan interview.

Sebagai pencari kerja, Kamu harus aktif dan gigih dalam mencari pekerjaan. Jangan merasa puas hanya karena telah mengirimkan beberapa lamaran. Akan lebih baik jika Kamu melakukan penelitian tentang perusahaan, mengetahui kualifikasi yang mereka cari, dan mengirimkan email lamaran kerja ke banyak perusahaan yang sesuai.

Baca Juga :
Ingin Hidup Lebih Sejahtera? Simak 5 Resolusi 2024 Berikut

Namun, bagaimanapun juga kualitas tetap lebih penting daripada kuantitas. Lamaran kerja Kamu harus ditulis dengan baik dan disertai CV yang lengkap dan menarik. Pastikan untuk selalu melakukan proofread dan memeriksanya beberapa kali sebelum mengirimkan lamaran kerja Kamu.

Karir.ai adalah platform lowongan kerja yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu pekerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilannya.

Karir.ai juga menawarkan fitur AI Asisten yang dapat membantu pekerja menulis CV yang baik, membuat email lamaran kerja yang profesional, juga mengirimkan lamaran secara otomatis ke banyak perusahaan sekaligus. Kunjungi website https://karir.ai/ untuk dapat menggunakan fitur-fitur canggih yang dirancang khusus bagi para pencari kerja. (wol/tech/pel/d2)